(Dishare Ya) WASPADA !! Jika Tidak, Kalian Akan Mengidap Penyakit Meningitis. Mari Kita Kanali Apa Saja Penyebab Penyakit Meningitis Dan Cara Pencegahannya



 Pagi itu saya turut mengantar anak tetangga ke rumah sakit dengan suhu tubuh mencapai kian lebih 38° Celcius yang dimulai gejala Diare. Sesudah diperiksa dokter dengan cara intensif, dokter memvonis si Anak terserang penyakit Meningitis. Dengan cara spontan saya ingat penyakit yang bikin si Olga meninggal dunia. Masalah meningitis mesti diakukan secepatnya lantaran dianggap juga sebagai kondisi medis darurat. Meningitis dapat mengakibatkan septikema serta ini dapat berujung pada kematian

Yuk kita bahas secara kritis, supaya keluarga kita terlepas dari penyakit ini!

Apakah itu Meningitis????

Meningitis yaitu infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang menyelimuti otak serta saraf tulang belakang. Saat meradang, meninges membengkak lantaran infeksi yang terjadi. Sistem saraf serta otak dapat rusak pada sebagian masalah. Tiga gejala meningitis yang patut diwaspadai yaitu demam, sakit kepala, serta leher yang merasa kaku.

Penyebab Munculnya Penyakit Meningitis

Pada intinya penyakit meningitis ini dikarenakan oleh paparan virus tidak berbahaya serta bakal sembuh tanpa ada perawatan serta penyembuhan yang spesifik. Cuma saja, meningitis yang dikarenakan oleh bakteri bisa mengakibatkan keadaan yang serius, seperti misalkan rusaknya yang terjadi pada otak, hilanganya kekuatan belajar, menyusutnya kekuatan mendengar serta bahkan juga bisa mengakibatkan kemungkinan kematian. Sedangkan meningitis yang dikarenakan oleh jamur, biasanya sangat jarang terjadi, jenis ini biasanya terkena oleh pasien yang menderita kerusakan ketahanan tubuh (sistem immun) seperti penderita AIDS.

Jenis-Jenis Penyakit Meningitis

Dilihat dari macamnya ada 2 jenis paling utama penyakit meningitis yaitu :
Meningitis Viral. Penyakit meningitis viral ini biasanya tidak menyababkan penyakit serius. Dalam keadaan yang parah, penyakit meningitis jenis ini bisa mengakibatkan panas demam berkepanjang dibarengi dengan kejang-kenjang.
Meningitis Bakteri. Penyakit meningitis bakteri ini tidak dapat dikira sepele, lantaran meningitis yang dikarenakan oleh bakteri demikian serius serta mesti memperoleh perawatan dan penyembuhan yang serius untuk menghindar kerusakan otak serta keluhan tubuh yang berkepanjangan yang pada akhirnya beresiko pada kematian.

Gejala Meningitis yang Terjadi pada Anak-anak

Penyakit ini kerap diderita oleh bayi serta anak-anak, namun kebanyakan orang di semua usia dapat menderita meningitis juga. Tanda-tanda yang terjadi pada anak-anak yaitu :
1. Mereka mungkin saja merasa gelisah, namun tidak mau disentuh
2. Demam tinggidengan tangan serta kaki merasa dingin
3. Menangis dengan cara terus menerus
4. Tampak bingung serta kurang responsive
5. Sebagian anak bakal mudah mengantuk serta susah dibangunkan
6. Mungkin saja ada ruam merah yang tidak hilang saat gelas digelindingkan dengan sedikit ditekan di atasnya

Mengenai gejala meningitis yang terjadi pada anak-anak yang lebih besar serta orang dewasa, meliputi :

1. Muntah-muntah
2. Sakit kepala parah
3. Leher kaku
4. Demam dengan tinggi suhu 38°C atau lebih
5. Napas cepat
6. Sensitif pada cahaya atau fotofobia
7. Ruam kulit berbentuk bintik-bintik merah yang menyebar (tidak terjadi pada kebanyakan orang)
Ada kemungkinan bahwa tidak kebanyakan orang bakal mengalami seluruhnya beberapa gejala diatas. Mencari pertolongan medis secepatnya bila Anda lihat gejala meningitis terjadi pada anak-anak.

Apakah Penyakit Meningitis Ini Menular?

Jawabannya, ya. Penyakit minigitis ini penularannya mudah, penularan ini dapat dikarenakan oleh mikroorganisme, bakteri, virus serta jamur. Bila tidak sembuh mulai sejak usia dini jadi di kuatirkan bakal menyebabkan keluhan tubuh yang lebih fatal, salah satunya tuna ganda seperti lumpuh maupun gangguan mental. Mengenai media yang bisa jadi sisi penularan penyakit meningitis ini yaitu lewat ingus serta cairan ludah waktu bersin, tertawa maupun bicara. Serta media yang lain sebagai media penularan penyakit meningitis ini dapat terjadi pada gelas, piring serta peralatan makan yang dipakai si penderita. Selain itu handuk serta tisu dapat juga jadi media penularan, karenanya baiknya berhati-hati.

Pencegahan Penyakit Meningitis


1. Melindungi serta Meningkatkan Kebersihan. Tranmisi penyakit meningitis ini bisa dihindari dengan tingkatkan tingkat kebersihan pada orang-orang dengan kemungkinan infeksi serta di antara mereka yang mungkin saja menyebarkan penyakit. Hal yang paling penting yaitu melindungi kebersihan tangan, lantaran tangan yaitu media yang paling beresiko untuk menularkan virus serta bakteri. Karenanya lakukan membersihkan tangan dengan memakai sabun antikuman serta bilas dengan air yang mengalir.
2. Hindari Berbagi Peralatan. Berbagi peralatan seperti memakai piring, gelas, sedotan, handuk serta peralatan lain yang sama juga dengan si penderita bakal mempermudah penyebaran bakteri meningitis, untuk itu hidari berbagi peralatan dengan penderita untuk mencegah munculnya penyakit meningitis.
3. Tutuplah Hidung serta mulut waktu bersin.
4. Mengkonsumsi antibiotik waktu tengah bersama-sama dengan orang yang terjangkit virus. Hal semacam ini adalah pencegahan pada bagaiamana mudahnya virus meningitis menyebar.

Meningitis atau radang selaput otak yaitu penyakit menular. Kuman yang mengakibatkan penyakit meningitis ini bisa ditularkan dari satu orang ke orang yang lain melaui batuk serta kontak pada jarak yang dekat. Karenanya penting sekali untuk selekasnya pergi kedokter bila gejala-gejala meningitis dirasakan oleh anda serta beberapa orang terdekat anda. Lantaran cuma dokter yang bisa memastikan apakah penyebab meningitis yang anda derita. Lantaran setiap penyebab meningitis memperoleh perlakuan serta terapi yang berbeda. Penyakit meningitis yang dikarenakan oleh bakteri bisa mematikan bila tidak selekasnya diobati.
Itulah dia pengetahuan lengkap tentang penyakit meningitis atau radang selaput otak
Mudah-mudahan bermanfaat.

Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini:
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x