(Mohon Sebarkan Artikel Ini) WASPADA !! Jangan Sampai Kalian Menyesal Seumur hidup. Mari Kita Cegah Osteoporosis Sedak Dini. Berikut Ini Cara Alami Mencegah Osteoporosis



 Osteoporosis yaitu penyakit tulang yang memiliki sifat-sifat khas berbentuk massa tulang yang rendah, dibarengi mikro arsitektur tulang serta penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menyebabkan kerapuhan tulang.

Osteoporosis yaitu penyakit sistemik yang ditandai dengan menurunnya massa tulang serta pergantian mikroarsitektur jaringan tulang, hingga bisa meningkatkan kerapuhan tulang, risiko patah tulang, serta mengakibatkan kerusakan.

Pada osteoporosis, kerusakan tulang lebih cepat dari pada perbaikan yang dilakukan oleh tubuh. Keadaan ini mungkin saja tidak disadari selama bertahun-tahun, sampai pada akhirnya mendadak terjadi patah tulang dengan sendirinya.

Osteoporosis dapat menyerang siapa saja. Saat ini, penyakit ini tidak lagi mendominasi golongan tua. Banyak orang menanggung derita osteoporosis dalam usia yang relatif muda.

Malnutrisi, gizi buruk, kurang aktifitas fisik, mengkonsumsi obat tertentu, serta kondisi kesehatan lain dapat juga meningkatkan terjadinya osteoporosis. Keadaan kesehatan seperti kolesterol tinggi serta menopause termasuk juga tingkatkan resiko osteoporosis.

Makan-makanan dengan gizi seimbang serta kaya kalsium bisa mencegah osteoporosis. Pencegahan dini osteoporosis bisa dilakukan dengan beragam langkah, seperti konsumsi gizi seimbang yang berkaitan dengan pembentukan tulang seperti kalsium, vitamin D, serta aktivitas fisik yang dilakukan dengan teratur sangatlah penting untuk pembentukan tulang.

Untuk mencegah osteoporosis tubuh kita memerlukan kalsium, sekurang-kurangnya 1. 200 hingga 1. 500 mg, dan ditambah dengan vitamin D sebesar 400UI setiap hari.

Tubuh dapat memproduksi vitamin D juga sebagai respon pada cahaya matahari, serta pastikan Anda memperoleh vitamin D dalam jumlah yang tepat.

Sementara Bila diet Anda tidak memiliki kandungan cukup kalsium jadi tubuh bakal mengambil cadangan kalsium dari tulang untuk diberikan pada organ tubuh yang membutuhkannya, serta ini yaitu satu diantara alasan tulang jadi keropos serta rapuh.

Bagaimanakah mencegah penyakit ini? Mudah-mudahan beberapa tips berikut bisa membantu Anda.


1. Susu
serta produk susu seperti keju, yoghurt atau mengkonsumsi susu skim yaitu wajib untuk yang tidak ingin meningkatkan osteoporosis. Hal semacam ini Lantaran makanan ini memiliki kandungan tinggi kalsium serta protein yang bermanfaat untuk memperkuat serta menyehatkan tulang.

2. Kacang-kacangan.
Janganlah malas untuk makan kacang-kacangan, lantaran mereka kaya kalsium, magnesium, mangan, serta fosfor. Terlebih kacang almond serta kacang pistachio adalah sumber kalsium yang baik.

3. Sayuran. Dalam soal sayuran, brokoli, kembang kol, serta bit mesti secara teratur dikonsumsi setiap hari untuk tulang yang kuat alami.

4. Ragi. Ragi memiliki kandungan setidaknya 330-350 miligram kalsium per 100 gr berat kering.

5. Kurma
. Hal semacam ini adalah berita baik untuk penggemar kurma yang manis serta lezat ini. Buah khas Timur tengah ini yaitu juga sumber kalsium serta magnesium, di mana yang bermanfaat untuk tingkatkan kepadatan tulang tubuh Anda.

6. Sinar matahari.
Sinar matahari memanglah bukan jenis makanan, walau demikian bakal menyediakan vitamin D yang bermanfaat untuk membantu badan menyerap kalsium dari makanan. Matahari yaitu sumber vitamin D yang paling gampang serta murah untuk kita peroleh. Yakinkan Anda cukup “sinar” pada pagi hari untuk menjaga kekuatan tulang.

7. Buah-buahan,
seperti jeruk, jambu biji, stroberi, serta nanas sediakan vitamin C, yang dapat juga menguatkan tulang. Janganlah lupa juga untuk buah super yang lain yakni buah pisang serta apel.

8. Sayuran hijau tua yaitu satu diantara makanan pelawan osteoporosis. Bakal teapi hati-hati dengan bayam, lantaran ternyata ada oksalat di dalamnya yang malah dapat mencegah penyerapan kalsium oleh tubuh.

9. Kacang kedelai,
kacang lima, serta lentil adalah sumber kalsium yang bisa Anda mengkonsumsi untuk mencegah osteoporosis. Produk kedelai seperti susu kedelai, tahu serta tempe juga adalah sumber kalsium yang murah serta mudah Anda peroleh setiap hari.

10. Telur.
Selain memiliki kandungan protein, telur juga adalah satu diantara makanan yang memiliki kandungan vitamin D secara alami. Kenali juga Manfaat telur yang luar biasa untuk kesehatan kita.

11. Aktivitas fisik/Berolahraga.
Walau tidak dari jenis makanan, namun aktivitas fisik dengan teratur juga sangatlah penting untuk mencegah melemahnya tulang. Oleh karenanya janganlah malas untuk naik tangga sehari-hari dikantor atau di gedung-gedung. Berolahraga yang dikerjakan pada pagi hari dialam terbuka bakal memberi 2 manfaat sekaligus, lantaran Anda akan memperoleh vitamin D alami dari sinar matahari.

12. Omega-3
. Nutrisi ini bisa nda dapatkan dari makan biji labu, biji rami, atau minyak ikan. Selain menolong mencegah osteoporosis, omega – 3 juga bermanfaat untuk melawan penyakit rematik serta nyeri sendi.

13. Suplemen.
Bila Anda malas makanan sumber kalsium atau vitamin D, minum suplemen kalsium dengan teratur berguna juga melakukan perbaikan struktur tulang. Walau demikian sebaiknya berkonsultasi dengan ahli kesehatan saat sebelum rutin minum suplemen apapun.

14. Ikan
, terlebih seperti salmon, sarden, serta tuna yaitu makanan yang kaya kalsium serta mineral yang lain.

Sumber : http :// palembang. tribunnews. com/2015/08/02/sebelum-menyesal-cegah-osteoporosis-sejak-dini-ini-cara-alaminya

Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini:
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x